Pages

Cara Buat Visa Australia (Subclass 600)

"Kalo visa di acc, janji bakal post cara-caranya di blog!"

Itu janji gue ketika sadar bahwa susah banget cari referensi cara buat visa australia di google. Nemu sih beberapa tapi kebanyakan itu post jaman dulu yang kebanyakan udah beda sama kebijakan yang berlaku di tahun 2016 ini. Dan pas nemu website pihak yang ngurus visa, dalam hal ini VFS GLOBAL, gue ngga ngerti harus nge-klik yang mana hahahaha. Ternyata caranya gampang kok!

Well, di sini gue cuma bahas hanya untuk visa perorangan, tujuan wisata/liburan/turis, dan status single. Hehe.



Berkas yang harus disiapkan
1.        Formulir Pengajuan Visa Turis atau biasa disebut Subclass 600. Namanya Form 1419. Bisa donlot disini (http://www.immi.gov.au/forms/Documents/1419.pdf)
2.        Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.
Sebenernya gue ngga tau sih minimal berapa bulan tapi buat jaga-jaga aja minimal 6 bulan dari tanggal kalian berangkat.
3.        Tiket pesawat.
Well, ntah wajib atau ngga, tapi lebih baik lagi kalo udah ada tiketnya, jadi keliatan kan kita udah siap banget buat berangkat hehehe. Ini juga penting buat bikin dokumen pendukung lainnya yg akan dijelaskan di bawah.
4.        Fotocopy KTP
5.        Fotocopy Kartu Keluarga
6.        Fotocopy Akta Kelahiran
7.        Fotocopy NPWP
8.        Surat sponsor perusahaan tempat bekerja, yang isinya menyatakan bahwa kita tidak akan mencari pekerjaan dan tidak akan menetap disana. Surat sponsor perusahaan ini bentuknya bebas, suka-suka perusahaannya atau HRD Manager atau Kepala Bagian Umum nya. Contoh surat sponsor gue dalam hal ini atasan gue Kepala Bagian Umum:

Contoh surat sponsor perusahaan
9.        Rekening koran tabungan selama tiga bulan terakhir.
Ngga ada jaminan atau batasan berapa minimal isi tabungan kita. Tapi buat jaga-jaga, estimasi aja biaya hidup disana 100-200 AUD dikali masa liburan disana. Jadi misal kalo kamu liburan selama 10 hari, siapin aja dana minimal 10-20 juta rupiah di rekening tabungan.
Tapi ada cerita juga sih katanya dana di rekening tabungan ngga ngaruh banyak dengan keputusan di acc atau tidaknya visa. Yang dilihat adalah kestabilan pemasukan tiap bulannya. Kalo buat pns atau pegawai swasta sih udah jelas lah ya per bulan nya pasti ada pemasukan yang tetap. Kalo buat pengusaha mungkin dilihat dari pendapatan tiap bulan yang stabil dan ngga naik turun drastis.
10.    Pas foto ukuran 4x6 latar belakang putih 1 lembar. Jaga-jaga lagi, jangan cetak 1 lembar banget lah, lebihin takut tau-tau fotonya robek atau kebahasan di jalan gimana coba hehe.
11.    Surat sponsor kerabat disana.
Yang ini ngga wajib, cuma kalau kebetulan disana kamu punya kerabat ntah teman, keluarga, atau saudara, bagus banget kalo ditambah surat sponsor ini yang artinya ada yang bisa menjamin kamu selama disana. Bisa scan, kirim email, terus kamu print sendiri. Sekali lagi, ngga ada format baku, tapi ini bisa jadi referensi.

Contoh surat sponsor kerabat di Australia

12.    At least but not least, siapkan uang CASH atau KARTU KREDIT! Ya, disana kita ngga bisa bayar debit. Waktu itu gue harus keluar lagi cari atm karna ngga bawa cash dan ngga punya kartu kredit hiksss. Biaya pembuatan visa turis Subclass adalah 130 AUD. Gue kena 1,6 juta untuk biaya visa dan administrasinya, jadi jaga-jaga bawa 2 juta aja karna harga bisa berubah tiap waktu. Untuk update biaya visa bisa cek disini (http://www.immi.gov.au/Help/Pages/fees-charges/visa.aspx).

Setelah semua berkas lengkap, pergilah gue ke VFS GLOBAL. Oiya awalnya gue kira ngurus visa di kedubes australia, ternyata ngga. Kita ke pihak ketiganya yaitu VFS Global yang beralamat di  Kuningan City Mall Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 18, Setiabudi, Kuningan 12940 Jakarta. Jam buka Senin-Jumat jam 08.00-16.00. No weekday hiksss. Psttt gue harus izin pulang awal ngantor buat ngurus visa :”)

VFS Global lt2; source: google

Sampai di mall gue baru cari tempat buat ngisi formulir pengajuan visa. Gue ngga rekomen buat ngisi form di sana ya! Karena gue sendiri butuh waktu 2 jam ngejamur di St*rbucks cuma buat ngisi ginian doang -_- Mendingan isi di rumah deh soalnya butuh waktu lama dan harus hati-hati kalo males gonta-ganti kertas karena nulis nya make pulpen. Males kan kalo banyak coretan atau tipex sana-sini terus print ulang? J Kalo ada yang masih bingung ngisinya, kosongin aja dulu, nanti pas udah dilayanin disana baru minta bantuan admin. Mereka dengan senang hati membantu dan sabar kok.


Buat australia di lt 2 ya! source: google

Sampai di Kuningan City Mall:
1.        Untuk visa australia, pergi ke lantai 2 menuju VFS Global. Dia tempatnya di paling pojok jadi gampang ditemuin. Ternyata ngga cuma australia aja, di lantai VFS Global lantai 2 ini juga ngurusin visa UK dan New Zealand.
2.        Siapin semua berkas yang udah disebutin di atas dan uang cash atau kartu kredit ya!
3.        Sampai disana pengamanan ketat bangetttt. Ada sekitar 4 pintu masuk yang harus dilewatin, dan keempatnya ngga bisa kita buka seenaknya karena setiap pintu ada penjaga gate dan hanya bisa dibuka dengan ID Card nya mereka. Jangan lupa handphone harus dimatikan. Bukan dinonaktifkan signal nya atau di airplane mode kan, tapi benar-benar di off  kan -_- buat yang perokok, korek api juga harus ditinggal di luar, bisa dititipkan ke satpam.
4.        Sampai di pintu terakhir, nanti ada penjaga gate yang ngasih nomor antrian. Jaga baebae.
5.        Sampai di dalam, ada 3 bagian. Sebelah kiri UK, tengah Australia, kanan New Zealand. Cek terus nomor antrian kamu setiap ada pengumuman ya. Kalo ngga jelas, nomor antrian bisa diliat di layar monitor.
6.        Setelah dipanggil, sampaikan semua berkas dan silakan bertanya apapun yang masih berputar di pikiran kamu. Kalo ada yang kurang lengkapi. Kalo ada yang perlu difotocopy, disana sedia jasa fotocopy. Abis semua dinyatakan lengkap, bayar dehhhh.
7.        Setelah pembayaran selesai, kamu bakal dikasih struk dan berkas untuk pengecekan progress visa kamu nanti di website ini http://www.vfsglobal.com/australia/indonesia/
8.        Selesai! Tunggu dan terus berdoa!

Informasi yang gue dapet untuk permohonan Visa Turis 15 hari kerja. Ternyata, sekarang lebih kilat lagi. Gue 4 hari kerja udah dapet email dari sana kalo visa nya di acc. Wohoooooo >.<

Ini bentuk visa yang gue dapet dari email. Sederhana bangetttt? Iya :" bentuk softcopy doang tanpa warna warni cantik, print sendiri yah!

Visa jadiiii
Buat jaga-jaga, pengajuan visa bagusnya jauh-jauh hari dari hari H. Misal kalo ternyata berkas ngga lengkap, masa layanan nya jadi mundur lagi, dihitung dari berkas kita sudah lengkap. Makannya pas ngasih berkas usahain lengkap biar ngga bolak-balik kesana lagi hehe.

Ps: Riskan emang ngajuin visa ini. Karena, kalo pengajuan visa ditolak, otomatis uangnya hangus dan ngga ada pengembalian apapun T.T Karena itu usahain berkas lengkap dan berdoa terussss J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com