Pages

Yang Terlewatkan



Lagi-lagi blog ini harus dibersihin dari jaring laba-laba karena udah ditinggal lama sama empunya yang sibuk. Hiksssss. Okay. Jadi, gue sudah kembaliiii yeay!...dan baru bisa nulis (lagi) -_-

Kali ini gue cuma mau sharing apa-apa aja yang terlewatkan di blog ini selama hmmmm kurang lebih setahun belakangan.




Waktu itu bulan november terakhir gue magang di bimtek PPAK. Setelah itu, gue nyari tempat magang macam kantor akuntan publik di Jakarta. Tapi bokap ngga ngizinin dengan alasan gue harus coba tempat dulu yang ada di Bogor. Okeee gue cari. Ternyata susah bangeeeeet cari tempat magang di Bogor, magang loh ya, bukan kerja kontrak yang biasanya ada kontrak minimal setahun. Akhirnya gue memutuskan buat coba ngelamar jadi pengajar di bimbel -bimbel (bimbingan belajar) yang ada di Bogor. Padahal gue ngga ada sama sekali pengalaman ngajar hahaha. Gue coba ke tiga tempat.

Pertama, G*nesha Operation atau GO. Gue baru tau kalo ini perusahaan bukan jenis franchise, jadi CV yang gue kasih langsung ke kantornya waktu itu diproses lama banget karena harus dikirim ke Bandung, pusat dimana GO berada. Gue inget banget waktu ngasih CV, gue disuruh nulis mau jadi pengajar apa. Gue cari yang paling aman: Matematika SMP atau Bahasa Indonesia. Setelah satu bulan gue nunggu, akhirnya dapet konfirmasi dari GO buat tes tulis EKONOMI SMA. Waksssssss! GUE KAN LULUSAN IPaaaa..... terus ini.... yaaaaah berhubung gue kuliah akuntansi dan sempet dapet mapel ekonomi mikro dan makro jadi ada gambaran, cuma kan tetep beda sihhhhh gue belum tau bentuknya ekonomi buat sma itu macam apa. Jarak dari pemberitahuan ke jadwal tes cuma 3 hari. Besoknya gue memutuskan buat ke gr*media buat beli buku ringkasan ekonomi sma dari kelas satu sampai kelas tiga. Susah banget dapet bukunya, cuma nemu satu jenis doang. Dan dalam waktu sehari gue tamatin baca buku itu. Pas hari H, gue disuruh masuk ke ruangan dan dikasih kertas soal. Soalnya essay semua, ada penjelasan materi dan hitung-hitungan. Dalam satu jam, gue udah selesaaaaai. Emang waktunya cuma segitu. Habis itu? gue nunggu lagi beberapa hari kemudian.

Daaaan gue loloooooos! katanya selama ada calon pengajar yang tes tulis gue yang pertama nilainya mendekati sempurna, 98 hehehehehe :p gue pun tes microteaching. Dikasih bahannya dadakan dan langsung tanya jawab sama penilai nya. Untung gue ambil yang pernah gue dapat pas kuliah jadi tau lah...sedikit-sedikit. Terus? terus gue lololooooos. Waktu disuruh pilih, gue milih buat jadi pengajar lepas, artinya ngga pakai kontrak, bisa mundur kapan aja kalau-kalau ada panggilan tes TKD (yang tak kunjung datang~~~~)

Kedua, Prima*ama. Beda dari sebelumnya yang tes nya bertahap, P ini langsung blasssss. Habis gue ngirim CV, beberapa hari kemudian dikonfirmasi buat tes matematika dan bahasa indonesia. Sampai sana gue dikasih soal dan cemilan :') habis itu langsungggg tes microteaching. Gue liat ekspresi penilainya sih senyam senyum aja -_- Dan ternyata gue lolooooooos.

Ketiga, Bint*ng Pelajar atau BP. Gue ngga tau ini bimbel "dalam"nya gimana karena ngga kayak GO dan P, gue belum pernah ikutan bimbel di tempat ini soalnya agak mahal karena kelasnya yang eksklusif. Hari itu gue dipanggil buat tes tulis. Gue sempet googling tentang rekrutment pegawai di bimbel ini. Ada yang bilang tentang nanti ditanya pengetahuan agama Islam sejauh mana. Hah?! Seriously?? gue baru nemu yang kayak gini. Ok gue coba. Besoknya gue datang dan banyak banget yang tes ada sekitar 20 orang .-.
Soal-soal awal sih masih tentang tes psikotest yang menurut gue ngga terlalu susah kayak mau masuk ke perguruan tinggi hehe, tapi justru yang bikin gue stuck adalah pas ditanya pengetahuan tentang Islam. Asli disini gue ngerasa banget cuma butiran debu. Beberapa soal yang gue inget:
1. Sebutkan rukun iman dan syarat sah solat (oke ini masih standar),
2. Buktikan bahwa Allah itu ada!
3. Allah itu ada dimana? buktikan dengan dalil
4. Dalil atau ayat yang mewajibkan taat kepada orang tua
5. Ulama yang kamu suka. mengapa?
Kurang lebih itu lah yang gue inget, selebihnya gue blank, baik soal maupun jawaban :"
Terereretereeeeeet beberapa hari kemudian gue ditelpon dan dinyatakan lolooooos. Di akhir pembicaraan... "mbak nya yang waktu datang tes pakai celana jeans ya? besok pakai rok ya mbak" zzzz. Hari interview pun tiba. Ada enam orang yang dipanggil untuk diambil tiga. Salah satu yang ditanya waktu interview:
Bapak Interview: Cita-cita tertinggi kamu apa?
Gue: hm.. blablabla
Bapak Interview: Kalau saya sih mau masuk surga
Gue: *ngerasa jadi butiran debu lagi*
Habis itu yang makin bikin gue ngerasa lebih jadi partikel debu adalah di akhir interview ada tes mengaji, ditanya hukum tajwid nya, pemahaman gue tentang Islam misal golongan-golongan dalam Islam, dan pandangan yang kontroversial di kalangan masyarakat, yaitu rokok (haram...atau halal?).
Lepas dari itu semua, ternyata gue lolooooos :"

Dan tiga-tiga nya, secara ngga disangka, gue yang notabene belum pernah ngajar ini dan ngerasa jadi butiran debu akhirnya lolos. Tapi harus pilih salah satu. Gue pilih yang pertama. Kenapa? Karena gue tempatkan CV pertama kali di tempat itu sih. That's it. -_-

Pengalaman baru sekaligus tantangan bagi gue jadi pengajar ekonomi sma.
Disini gue belajar gimana menyampaikan ilmu yang dapat dimengerti dengan baik sama mereka.
Disini gue belajar harus paham sebelum gue yang bikin mereka paham materinya.
Disini gue tau bahwa jadi pengajar itu ada bete nya juga kalo ada yang ngga merhatiin walaupun cuma satu anak, padahal gue kadang suka ngga merhatiin pengajar kalo lagi ngga semangat belajar. Ternyata rasanya ngga enak yah :( dan gue suka emosian hahaha tapi santai kok.
Disini gue tau rasanya gimana jadi pengajar yang disuka sama muridnya, apalagi pas tau kalau kita diharapkan untuk mengajari mereka karena materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mereka :')
Disini gue belajar sabar ngadepin murid yang masih anak-anak dan bandel dan jail dan nanya aneh-aneh -_-

Ngga cuma itu, gue juga dapet kesempatan buat ngajar ekonomi sma di almamater gue sendiri >_< SMA Negeri 3 Bogor. Gue dapet tawaran dari atasan GO yang (kayaknya) kerja sama dengan guru disana buat panggil pengajar luar untuk persiapan Ujian Nasional. Dalam pertemuan yang cuma sekitar 5 sampai 6 kali gue ngebahas materi dan soal UN ke mereka, yang secara ngga langsung adek kelas gueeee walaupun beda jurusan haha. Gue juga jadi ketemu guru-guru dan bernostalgia disana~

Waktu kurang lebih 3 bulan terlewati.
Waktu mengajar gue udah habis.
Terima kasih atas semua pengalamannyaaaaa!

Dan gue lanjut magang di kantor akuntan publik.

Hmmm ngga bisa banyak yang bisa gue ceritain disini karena masalah privacy pekerjaan sebagai auditor junior (ceilah) haha. Gue magang dua kali di dua kantor akuntan publik (KAP) yang berbeda.

Pertama, KAP di wilayah kebon sirih. Gue dapet job audit dana kampanye calon anggota DPD. Dan hari pertama dan terakhir langsung terjun ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lumayan jadi tau dalamnya gimana :p Disini gue dapat keluarga baru lagiiii ada Ririn, Rendi, Ali, Andrew, Bu Nani, Pa Iwan, Pa Rahmat, dan Pa Untung (yang kocak abis polosnya heheu)

setelah main lagi sekian lama ternyata ada foto kita dipajang disana :')

KPU

Kedua, KAP di wilayah lenteng agung. Gue dapet job audit kepatuhan penjualan dari suatu produk vehicle yang terkenal. Ada sekitar 600 unit yang harus diperiksa. Dapat teman baru lagiiii namanya Muthia. Anyway dia lagi cari calon suami yang bener-bener mau serius loh hahahahahaha :p


me and muthiaaa

Yaaaah jadi itulah yang terlewatkan di blog ini selama ini. Ngga pernah ada bayangan bakal ngajar atau akhirnya magang sebagai junior auditor. Yang pasti, bersyukur banget bisa dapet pengalaman dan keluarga dan teman-teman yang baru. Sekarang, udah pada sibuk di jalannya masing-masing. Tapi ngga akan lupa sama kaliaaaan. Sukses yaa semuanyaaaaaa!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com